Wednesday, August 9, 2017

Juknis Bantuan Dana PAUD-LK ( Layanan Khusus ) Termarginal

Juknis Bantuan Dana  PAUD-LK ( Layanan Khusus ) Termarginal

Sesuai dengan judul diatas Petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD-LK, dirancang secara menyeluruh,terpadu dan sesuai dengan kebutuhan dan kesulitan eksternal peserta didik,dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyelenggaraannya. Diharapkan dengan adanya pedoman penyelenggaraan PAUD-LK, penanganan masalah pendidikan di kota dan desa dengan situasi dan kondisi khusus dapat diatasidengan baik dan efektif. Untuk itu pemerintah memberikan Bantuan Dana Bagi PAUD-LK (Layanan Khusus ).
Juknis Penyaluran Dana Bantuan PAUD-LK

Untuk apa sebenarnya Bantuan PAUD-LK di terimakan,  Tujuan pemberian bantuan PAUD Layanan Khusus (PAUD-LK) adalah:
  1. Memperluas dan meningkatkan layanan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun di wilayah yang termarginal, dengan prioritas anak dari keluarga kurang mampu.
  2. Tujuan disusunnya Petunjuk Teknis ini memberikan petunjuk bagi pelaksana dan penanggung jawab dalam mengelola dan menyalurkan dana kepada sasaran secara tepat guna.
Untuk mendapatkan Bantuan PAUD-LK tersebut inilah Persyaratan penerima Bantuan PAUD-LK adalah sebagai Berikut:
  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi Anak-anak yang ada di wilayah termarginal.
  2. Memiliki rekening akitif atas nama Satuan/lembaga. (PT. Bank BRI (Persero) Tbk, PT. Bank Mandiri (Persero), BNI, BTN dan Bank lain yang disetujui lembaga terkait.
  3. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Memiliki izin operasional dari Dinas Pendidikan setempat.

Tentunya apabila Bantuan Dana sudah diterimakan ada pertanggungjawaban yang harus dipenuhi, untuk prosedurnya dapat menyimak penjelasan dibawah ini:
  1. Penggunaan dana bantuan harus mengacu pada ketentuan dan aturansebagaimana tertuang dalam akad kerjasama dan Petunjuk Teknis yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Semua pengeluaran/penggunaan dana bantuan harus disertai dengan bukti pengeluaran yang sah (sesuai dengan peraturan yang berlaku).
  3. Semua bukti pengeluaran dibuat rangkap 2 (dua)
  4. Lembar pertama (asli) untuk arsip oleh lembaga penyelenggara
  5. Lembar kedua disampaikan bersamaan dengan laporan pelaksanaan program ke Direktur Pembinaan PAUD.
  6. Pihak penerima bantuan wajib menyimpan dan mengadministrasikan semua buku pengeluaran keuangan dengan sebaik-baiknya untuk persiapan pemeriksaan oleh auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bawasda/ Bawaska atau pihak berwenang lainnya) dan disimpan untuk jangka waktu minimal 5 (lima) tahun.
Rekan Pendidik  PAUD itulah gambaran singkat tentang petunjuk Bantuan PAUD-LK, Untuk penjelasan lebih terperinci silahkan download link berikut ini:


sumber :  Paud.kemendikbud.go.id

Demikian bapak ibu dan saudara pendidik PAUD, semoga apa yang telah kami utarakan dapat menambah wawasan dan membantu mengerjakan administrasi Bantuan PAUD-LK di tahun tahun berikutnya.

Download Aplikasi Admnistrasi Guru :