Thursday, July 20, 2017

Persyaratan Umum Dan Khusus CPNS 2017

Persyaratan Umum Dan  Khusus CPNS 2017

Ijinkan pada kesempatan kali ini kami menyajikan tutorial dan tata cara, persyaratan CPNS 2017. Meskipun saat ini pemerintah masih melakukan moratorium CPNS, namun pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) mengumumkan secara resmi bahwa tahun 2017 ini membuka penerimaan CPNS untuk formasi jalur khusus.

Berikut adalah 4 kelompok SDM yang akan direkrut dalam Penerimaan CPNS tahun ini:
  1. Untuk program wajib yang meliputi kesehatan, pendidikan (guru dan dosen), dan penanggulangan kemiskinan.
  2. Program prioritas yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi dan pembangunan ketahanan pangan.
  3. Tenaga penegak hukum.
  4. SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi.
Penerimaan CPNS tahun 2017 adalah mengutamakan formasi yang mendukung program nawacita. Instansi yang telah membuka pengumuman secara resmi diantaranya adalah Kemenkumham dan Mahkamah Agung dan registrasi CPNS dilakukan secara online mulai tanggal 1 Agustus 2017 Setiap pelamar diperkenankan untuk melamar satu formasi saja
Tes menggunakan sistem CAT CPNS dan kelulusan berdasarkan passing grade cpns
Untuk mengikuti seluruh seleksi CPNS, para peserta tes TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun.

Penjelasan umum mengenai kreteria penetapan CPNS dapat dilihat pada  Permen PANRB No 20 Tahun 2017  Disebutkan bahwa “Calon pelamar hanya boleh mendaftar pada 1 (satu) instansi dalam satu periode/event pelaksanaan seleksi”. Pendaftaran hanya boleh pada 1 (satu) instansi tersebut dimaksudkan pula hanya boleh mendaftar pada 1 (satu) jabatan dan 1 (satu) jenis formasi (salah satu diantara Formasi Umum, Formasi Cumlaude, Formasi Disabilitas, atau Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat).

Untuk persyaratan TES CPNS sebagai berikut:

Persyaratan Umum CPNS 2017

Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar;
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;.tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  5. Tidak memiliki ketergantungan terhadap obat obatan terlarang dan narkotika
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
 Persyaratan Khusus CPNS 2017

Persyaratan khusus adalah persyaratan tambahan lainnya yang diberikan oleh masing masing instansi pemerintahan baik pusat ataupun daerah sesuai kebutuhan jabatan. Persyaratan khusus antara instansi satu dengan instansi lainnya akan berbeda.

Beberapa Persyaratan khusus yang biasa dipersyaratkan kepada pelamar diantaranya adalah:
  1. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
  2. TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
baca juga: TOEFL jadi syarat CPNS Kementerian PU dan Perumahan Rakyat
Perihal batas usia dapat dikecualikan bagi Jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 (empat puluh) tahun. Jabatan tertentu tersebut ditetapkan oleh Presiden.


Tata Cara Pendaftaran CPNS 2017
  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk bisa melakukan pendaftaran cpns.
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id (alamat website bisa diakses setelah pengumuman resmi dibuka). dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat email dan password serta pilihan intansi yang dituju (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah pilihan terbaik anda, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada satu instansi).

Untuk lebih detail mengenai gambaran cara pendaftaran cpns, berikut adalah video contoh tutorial pendaftarannya sebagai berikut:


Untuk putra putri indonesia yang akan mendaftarakan diri ikut Tes CPNS tahun ini, Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan bagi calon pendaftar CPNS tahun 2017, diantaranya adalah:
  1. Pendaftaran CPNS akan dilakukan secara online
  2. Email anda yang masih aktif
  3. Sediakan scan pas foto berukuran 4x6 dengan format JPEG dan maksimal file ukuran 300KB
  4. Scan ijazah dalam format PDF dengan maksimal file sebesar 300KB
  5. Scan Transkip Nilai dalam format PDF dengan maksimal file ukuran sebesar 300KB
  6. Scan Akte Kelahiran (PDF) max 300KB
  7. Scan KTP (JPEG) max 300KB
  8. Scan bukti akreditasi jurusan (PDF) max 300KB

Selain pesyaratan diatas, ada beberapa Berkas-berkas yang perlu dipersiapkan akan tetapi tidak dikirimkan pada saat pelamaran/pendaftaran CPNS, namun baru dikirimkan setelah anda dinyatakan lulus ujian CPNS. Alangkah baiknya apabila kita mempersiapkan sejak dini., inilah syarat pendukungnya :
  1. SKCK dari Pihak Kepolisian
  2. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah
  3. Kartu Kuning/kartu pencari kerja
Proses Seleksi kemungkinan masih mengacu pada PERMENPANRB No 20 Tahun 2017
Proses seleksi adalah menggunakan sistem CAT CPNS. Ada beberapa tes seleksi antara lain Tes TKD dan TKB, inilah penjelalannya:
  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi. setiap pelamar wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi pendaftaran, serta mengisi daftar hadir yang telah dilengkapi dengan pas foto pelamar. Catatan Pelamar hanya dapat melaksanakan TKD pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan
  2. Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Jika mengacu pelaksanaan tes cpns berdasarkan Permenpan RB No 29 Tahun 2014 maka pelaksanaan tes cpns akan menggunakan Sistem CAT CPNS dengan lama waktu pengerjaan selama 90 menit dan jumlah soal sebanyak 100 soal.

Nilai kelulusan CPNS sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Ulasan tentang passing grede silahkan dipelajarai berikut ini:
  1. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. 
  2. Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. 
  3. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK.
sumber : asn

Demikian informasi dan penjelasan singkan mengenai syarat umum dan khusus Tes CPNS 2017 semoga bermanfaat.

Download Aplikasi Admnistrasi Guru :